Nov 3, 2009

Bisnis Produk Halal Malaysia











Tahun 80-an, banyak teman saya - ketika kuliah ilmu pertanian perkebunan di Bogor - berasal dari Malaysia- khususnya Sabah. Kini, banyak diantara mereka menjadi pejabat di Kementrian Pertanian Malaysia. Setelah menimba ilmu “Indonesia”, sekarang Malaysia tidak diragukan sebagai negara yang sukses “mengalahkan” Indonesia dalam pengembangan kelapa sawit, karet serta kultur jaringan bibit. Demikian juga halnya bidang pariwisata, terlepas pro-kontra masalah penggunaan clip tari pendet, namun kini dunia Internasional ( sebagai mana bisa ditonton di Discovery Channel ) mengenal Malaysia sebagai “the trully Asia”.

Nampaknya usaha anak bangsa serumpun Indonesia- yang jumlah penduduknya sekitar 27 juta atau hanya setengah dari populasi penduduk Jawa Barat ini- tak pernah lelah berjuang menjadi pemain bisnis global. Ditengah keterbatasan sumberdaya alamnya pun, Malaysia berambisi meneguhkan sebagai negara pemilik merk atau branding "Halal Food" dunia. Peniaga Malasysia aktif mengenalkan diri sebagai “produsen makanan halal terpercaya” dan jasa keuangan ( asuransi takaful, Bank Syariah) pada skala antar bangsa ( Internasional). Dengan cerdik, mereka membidik potensi pasar ummat Muslim dunia- khususnya muslim berpendapatan tinggi - seperti muslim Rusia ( ada sekitar 21 - 28 juta orang atau 15 - 20 persen dari sekitar populasi penduduk ), muslim Rep. Rakyat Cina ( ada 22 juta Muslim China menyebar hampir ke semua propinsi, dengan konsentrasi tertinggi di propinsi Barat seperti Xinjiang, Ningxia, dan Gansu) serta ke Timur Tengah ( midle east).

Secara konsisten dan teratur, sejak tahun 2004, dengan sokongan kerajaan digelar promosi Malaysia International Halal Showcase (MIHAS). Event MIHAS 2009 – beberapa hari saja diklaim menghasilkan penjualan lebih dari RM 200.3 juta ( sekitar Rp 0,7 trilyun) lebih dari RM1.86 miliar ( Rp 5,580 trilyun) masih dalam negosiasi. MIHAS menarik pengunjung dan partisipan aktif dari 529 peserta pameran dari 30 negara dan menarik jumlah total 34.051 pengunjung dari 65 negara.

Menurut Komita Malaysia, kini banyak produk Malaysia yang mau "Go Internasional" seperti keripik nangka, keripik singkong, aneka juice, sause BBQ, kopi, dll tapi bahan bakunya terbatas di Malaysia dan perlu sokongan Indonesia. Bahkan lebih jauh, keraguan akan ke- Hallal-an saat pemotongan dan pengolahan daging sapi asal Brazil - membuat Muslim di Rusia, Cina dan Timur tengah (Midle East) akan mengalihkan permintaan dagingnya ke Malaysia- yang kemudian Malaysia- yang sepengetahuan mereka banyak tanah luas dan tenaga kerja di Indonesia - akan mengandalkan sumber ternaknya dari Indonesia.

Masalahnya, selain hasil pertanian lain, Indonesia juga impor impor sapi sekitar 600.000 ekor/tahun dan impor daging beku 30.000 ton/tahun dari New zealand dan Amerika Latin.

Sungguh memprihatinkan ya………..Sapi di Indonesia dan lembu di Malaysia ini- walaupun boleh poligami sampai2 membuat Klub Poligami- kok populasinya sulit bertambah…………..hehehe **)

No comments:

Musda Askkindo Jawa Barat

Musda Askkindo Jawa Barat
Bertempat di Grha Kadin Kota bandung berlangsung Musda Asosiasi Konsultan Non Konstruksi (ASKKINDO) Jawa Barat. Formateur akhirnya menetapkan kembali memilih Sonson Garsoni menjadi Ketua periode 2007 -2011

Musda APPKMI, 2007

Musda APPKMI, 2007
Bertempat di Grha Kadin, Musyawarah APPKMI ( Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia) Jawa Barat berlangsung. Tampak Ir Lex Laksamana- Sekda Prov Jawa Barat bersama Ir Sonson Garsoni- Ketua APPKMI terpilih untuk ke-2 kalinya.

Musda APPKMI

Musda APPKMI
There are more than 175 fertilizer producers joining appkmi as Association for Small and Medium Indonesia Fertilizer Industry. Most of them are medium and small scale industry companies wich produce many kind fertilizer such as Tablet Urea ( Nitrogen 46 %), Liquid Foliar Fertilizers, Complete Compound Fertilizer Tablet, Complete Compound Fertilizer Specific Tablet, Complete Compound Fertilizer Prilled, Organic Compost Fertilizer, Organic Fertilizers and also included natural fertilizer natural Bat Guano, Natural Pesticide, Feed Suplement, ect.

Rapat Pengurus AKU Jawa Barat

Rapat Pengurus AKU Jawa Barat
Membahas kelangsungan Usaha Mikro UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dibahas pengurus secara rutin di Sekretariat AKU.

Pendirian ASKKINDO

Pendirian ASKKINDO
Deklarasi ASKINDO dilakukan pada tanggal 25 Nopember 2002 di Hotel Panghegar, Jl. Merdeka No 2, Bandung dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh 50 peserta dari 26 perusahaan. Sedangkan pengesahan badan hukumnya dilakukan didepan notaris Ano Muhamad Nasrudi,SH, dengan akta nomor 1, tanggal 3 Pebruari 2003

Asosiasi Benih Bibit Indonesia ( ASBBINDO)

Asosiasi Benih Bibit Indonesia ( ASBBINDO)
Bertempat di Bandung, dideklarasikan pendirian Asosiasi benih Bibit Indonesia (Asbbindo) Jawa Barat, 1999

Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat

Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat
Bertempat di Hotel Homann, berlangsung pendirian Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat, 2000

Raker Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU)

Raker Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU)
Bertempat di grand Hotel Lembang berlangsung Rapat Kerja Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU) Jawa Barat diikuti oleh pengurus AKU Kab/Kota se Jawa Barat. AKU Jawa Barat dengan anggota lebih dari 52.000 kelompok usaha mikro berusaha terus eksis ditengah kesulitan usaha didera oleh berbagai kenaikan harga bahan baku dan penolong. Ir Sonson Garsoni- Ketua AKU Jawa Barat menyampaikan sambutan pada Rakerda AKU, th 2004

AgroSight 2000 Di Gasibu Bandung

AgroSight 2000 Di Gasibu Bandung
Berbagai event bisnis berupa pameran (Expo), seminar dan Rapat Pendirian Asosiasi berlangsung di Gasibu dan Aula Dinas Pertanian, TH 2000. Event yang diselenmggarakan oleh gabungan Asosiasi bisnis sektor pertanian Jawa Barat ( Appkmi, Asbbindo, Alsintani) ini diorganizing oleh PT. Paska KONSULTAN- suatu business services di Bandung.

Video Aktivitas Asosiasi

Loading...

Video Pemasaran Produk Kreatif Bandung

Loading...

Forum Diskusi on Facebook

KencanaOnline.Com on Facebook

Search This Blog