Mar 2, 2013

Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Solusi atas Persoalan Energi Saat Ini

Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa Solusi atas Persoalan Energi Saat Ini


February 11, 2013 @ 7:00 am
Jakarta, EnergiToday – Kebutuhan masyarakat akan energi, seperti listrik, bahan bakar untuk memasak makin meningkat seiring dengan pertambahan populasi penduduk serta berkembangnya industri. Sementara persediaan sumber energi yang berasal dari pembangkitan fosil, seperti cadangan minyak bumi akan habis dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

Guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan energi, perlu segera diupayakan melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dapat disediakan secara berkelanjutan. Salah satunya adalah Biomassa yang berasal dari tumbuhan dan hewan pemakan tumbuhan, seperti gulma air eceng gondok, limbah ternak, serta sampah organik di perkotaan dan material lainnya yang berasal dari hewan dan tumbuhan.

Menurut Ketua Umum BPP Asosiasi Konsultan Non Konstruksi Indonesia (ASKKINDO) Sonson Garsoni yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Barat, kini melalui teknik fermentasi oleh bakteri metanogen (aktivator GP7), biomassa dalam reaktor (digester) yang terangkai pada instalasi mini Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) akan menghasilkan biogas, Bio Elektrik dan pupuk, ujarnya. Seperti disampaikan pada Rapimnas BPP Askkindo, di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2013.

Dia menambahkan, biomethan (biogas murni) yang ada di instalasi mini PLTBM sebanyak 6 meter kubik yang digunakan pada kompor gas, setara dengan 2,88 kg gas LPG. Jadi tidak perlu menggunakan gas, manfaatkan saja instalasi ini untuk memasak. Selain itu gas yang dihasilkan dari instalasi mini PLTBM berbeda dari gas yang dihasilkan dari tabung LPG, karena terlihat bening atau kebiru-biruan, papar inisiator pengembang instalasi mini PLTBM serta biogas, bioelektrik dan pupuk organik ini.

No comments:

Musda Askkindo Jawa Barat

Musda Askkindo Jawa Barat
Bertempat di Grha Kadin Kota bandung berlangsung Musda Asosiasi Konsultan Non Konstruksi (ASKKINDO) Jawa Barat. Formateur akhirnya menetapkan kembali memilih Sonson Garsoni menjadi Ketua periode 2007 -2011

Musda APPKMI, 2007

Musda APPKMI, 2007
Bertempat di Grha Kadin, Musyawarah APPKMI ( Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia) Jawa Barat berlangsung. Tampak Ir Lex Laksamana- Sekda Prov Jawa Barat bersama Ir Sonson Garsoni- Ketua APPKMI terpilih untuk ke-2 kalinya.

Musda APPKMI

Musda APPKMI
There are more than 175 fertilizer producers joining appkmi as Association for Small and Medium Indonesia Fertilizer Industry. Most of them are medium and small scale industry companies wich produce many kind fertilizer such as Tablet Urea ( Nitrogen 46 %), Liquid Foliar Fertilizers, Complete Compound Fertilizer Tablet, Complete Compound Fertilizer Specific Tablet, Complete Compound Fertilizer Prilled, Organic Compost Fertilizer, Organic Fertilizers and also included natural fertilizer natural Bat Guano, Natural Pesticide, Feed Suplement, ect.

Rapat Pengurus AKU Jawa Barat

Rapat Pengurus AKU Jawa Barat
Membahas kelangsungan Usaha Mikro UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dibahas pengurus secara rutin di Sekretariat AKU.

Pendirian ASKKINDO

Pendirian ASKKINDO
Deklarasi ASKINDO dilakukan pada tanggal 25 Nopember 2002 di Hotel Panghegar, Jl. Merdeka No 2, Bandung dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh 50 peserta dari 26 perusahaan. Sedangkan pengesahan badan hukumnya dilakukan didepan notaris Ano Muhamad Nasrudi,SH, dengan akta nomor 1, tanggal 3 Pebruari 2003

Asosiasi Benih Bibit Indonesia ( ASBBINDO)

Asosiasi Benih Bibit Indonesia ( ASBBINDO)
Bertempat di Bandung, dideklarasikan pendirian Asosiasi benih Bibit Indonesia (Asbbindo) Jawa Barat, 1999

Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat

Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat
Bertempat di Hotel Homann, berlangsung pendirian Asosiasi Produsen Pupuk Kecil Menengah Indonesia (APPKMI) Jawa Barat, 2000

Raker Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU)

Raker Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU)
Bertempat di grand Hotel Lembang berlangsung Rapat Kerja Asosiasi Kelompok UPPKS (AKU) Jawa Barat diikuti oleh pengurus AKU Kab/Kota se Jawa Barat. AKU Jawa Barat dengan anggota lebih dari 52.000 kelompok usaha mikro berusaha terus eksis ditengah kesulitan usaha didera oleh berbagai kenaikan harga bahan baku dan penolong. Ir Sonson Garsoni- Ketua AKU Jawa Barat menyampaikan sambutan pada Rakerda AKU, th 2004

AgroSight 2000 Di Gasibu Bandung

AgroSight 2000 Di Gasibu Bandung
Berbagai event bisnis berupa pameran (Expo), seminar dan Rapat Pendirian Asosiasi berlangsung di Gasibu dan Aula Dinas Pertanian, TH 2000. Event yang diselenmggarakan oleh gabungan Asosiasi bisnis sektor pertanian Jawa Barat ( Appkmi, Asbbindo, Alsintani) ini diorganizing oleh PT. Paska KONSULTAN- suatu business services di Bandung.

Video Aktivitas Asosiasi

Loading...

Video Pemasaran Produk Kreatif Bandung

Loading...

Forum Diskusi on Facebook

KencanaOnline.Com on Facebook

Search This Blog

Loading...